UPT Perpustakaan ( http://library.upgrismg.ac.id )
Kepala        : Dra. Ambarini AS.,M.Hum
Sekretaris : Heny Sumarsono,S.S.

Keberadaan UPT Perpustakaan Universitas PGRI Semarang sudah dirintis sejak didirikaanya Universitas PGRI Semarang pada tahun 1981. Atas prakarsa rektor yang pada waktu itu dijabat oleh Taruna, SH (alm) maka pada tahun 1985 berdirilah perpustakaan Universitas PGRI Semarang yang masih sangat sederhana. untuk menyesuaikan perkembangan dan kebutuhan civitas akademika, UPT Perpustakaan mengalami beberapa kali perpindahan tempat, dan akhirnya di tahun 2007 menempati gedung perpustakaan baru berlantai 4 yang terletak di Jl. Lingga Raya.

Pemrosesan dan pelayanan UPT Perpustakaan Universitas PGRI Semarang sudah menggunakan sistem komputerisasi yang memudahkan pemakai mencari buku dan sudah menyesuaikan dengan standar perpustakaan.

Visi : Mewujudkan perpustakaan terpadu dengan berbasis teknologi informasi.

Misi : (1) meningkatkan profesionalisme kerja; (2) memperbaiki sarana dan prasarana; (3) meningkatkan pelayanan.

Jenis Koleksi : (1) koleksi referensi, sumber informasi bersifat skunder; (2) koleksi umum, berisi informasi berbagai disiplin ilmu terdiri dari buku teks dan penunjang; (3) Bahan-bahan pandang dengan (audio – visual)

Penerapan software otomasi : Penerapan software SIPRUS (Sistem Informasi Perpustakaan) untuk membantu manajemen perpustakaan didesain dan dikembangkan dengan berbagai kemudahan, kecepatan, dan keakuratan proses administrasi perpustakaan. Aplikasi teknologi informasi ini digunakan antara lain untuk ; (1) pemasukan data bibiliografi bahan pustaka; (2) Layanan sirkulasi dan pemesanan buku; (3) layanan internet; (4) OPAC (on-line Public Access Catalogue)

Sistem dan Fasilitas Layanan : (1) Sistem layanan terbuka, artinya peminjam dapat langsung melihat dan memilih bahan pustaka dirak. (2) Pengguna dapat menemukan koleksi dengan cepat karena telah disediakan alat bantu penelusuran secara elektronik (software siprus) yang berupa katalog elektronik.