UPGRIS Buka S2 Dikdas

UPGRIS Buka S2 Dikdas

Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), kembali menambah jumlah program studi Magister (S2). Hal ini seiring dengan terbitnya surat keputusan izin pembukaan prodi Pendidikan Dasar Program Magister dari Kemenristekdikti.
“Saat ini proses pengajuan prodi sudah menggunakan skema pengusulan terbaru, sehingga prosesnya cepat dan transparan. Alurnya dipersingkat dengan tahapan yang jelas. Mulai dicek persyaratannya, kemudian tenaga dosen dan non dosen, setelah itu diproses perizinannya,” papar Koordinator LLDikti Wilayah VI Jateng Prof DYP Sugiharto, disela penyerahan SK Prodi di kampus I UPGRIS, Sidodadi Semarang, Rabu (19/6).

Lebih jauh dipaparkan, pihaknya berpesan kepada perguruan tinggi agar segera menindaklanjuti SK prodi yang telah terbit tersebut. “Pengusulan prodi dilakukan perguruan tinggi , untuk PTS, LLDikti kemudian memberikan rekomendasi. Ada tiga hal yang menjadi pertimbangan yakni legalitas yayasan, rekam jejak PTS dan prospek dari prodi baru tersebut. Artinya, saat prodi ini dibuka akan ada peminatnya,” lanjutnya.

Untuk itu, pihaknya mendorong agar UPGRIS segera mensosialisasikan prodi tersebut. Harapannya, pada tahun ajaran 2019/2020 ini sudah bisa berproses. “Pada intinya, Kemenristekdikti mendorong adanya prodi-prodi baru yang kreatif dan prospek. Jelas akan peminatnya dan akan diarahkan kemana nanti lulusannya,” terang Prof DYP.

Hal senada juga disampaikan Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH Mhum. Pihaknya berharap dengan prodi S2 Pendidikan Dasar tersebut, akan membantu masyarakat dalam meningkatkan kompetensi kualitas pendidikan tinggi yang dimiliki.
“Alhamdulillah dengan terbitnya SK ini, kita bisa langsung melakukan proses penerimaan mahasiswa baru. Untuk itu kami mengundang, para guru atau calon guru, baik dari jenjang PAUD, SD hingga SMP bisa memanfaatkan prodi S2 Pendidikan Dasar ini, untuk memperkuat keilmuan yang dimiliki. Demikian juga untuk masyarakat yang lain, kita juga ada program S2 lainnya seperti Magister Pendidikan IPA, Manjemen Pendidikan, Bahasa Indonesia hingga Bahasa Inggris,” tandasnya.

Nantinya akan ada proses seleksi yang dilakukan dalam penerimaan mahasiswa baru, meski demikian, pihaknya berharap hal tersebut tidak menjadi kendala. “Terlebih mereka ini kan sudah melalui jenjang S1. Terpenting ada kemauan untuk berusaha dan meningkatkan kompetensi keilmuan yang dimiliki, saya yakin bisa melewati tes seleksi,”pungkasnya. Rix

MENYERAHKAN – Koordinator LLDikti Wilayah VI Jateng Prof DYP Sugiharto menyerahkan SK prodi S2 Pendidikan Dasar kepada Rektor UPGRIS Dr Muhdi Sh, di kampus I UPGRIS, Sidodadi Semarang, Rabu (19/6).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *