Tevan Juara 1 National Learning Media Competition (NLMC) 2018

Tevan Juara 1 National Learning Media Competition (NLMC) 2018

Segala kehidupan manusia tidaklah terlepas dari kegiatan ekonomi maka dari itu pendidikan ekonomi merupakan salah satu pelajaran yang penting diberikan di setiap jenjang pendidikan. Berdasarkan fakta yang ada bahwa hasil Ujian Nasional pada pembelajaran ekonomi mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut. Namun media yang digunakan selama ini sering kali belum bisa mengcover semua siswa sehingga siswa sering merasa jenuh, bosan kurang fokus mengikuti pembelajaran.

Sebagai mahasiswa dan sebagai calon pendidik yang kreatif, Tevan Adi Satria, dan Derisna Aditya Prabowo, Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang mencoba memikirkan suatu sarana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis kontektual untuk meningkatkan pemahaman siswa dan untuk menyempurnakan media yang telah ada sebelumnya.

Dengan berbekal ide tersebut, Tevan dkk menciptakan sebuah aplikasi Android BIMA (Mobile Interaktif Pembelajaran) Edisi Pasar. Aplikasi ini merupakan edisi ke tujuh dari serangkaian aplikasi BIMA. Sebelumnya Tevan juga menciptakan BIMA edisi Bangun Ruang, edisi Segiempat, Edisi Fisika, dll.

Dengan BIMA (Mobile Interaktif embelajaran) Edisi Pasar, Tevan Adi Satria, dan Derisna Aditya Prabowo, Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang berhasil menjadi juara I dalam National Learning Media Competition (NLMC) 2018 di Universitas Negeri Semarang.

National Learning Media Competition (NLMC) sendiri diadakan pada tanggal 9 Mei 2018 bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang dengan mengangkat tema kontektualisasi literasi ekonomi. Peserta yang mengikuti merupakan mahasiswa terbaik di Universitas di seluruh Indonesia. Dengan berbekal pengalaman dan wawasan yang telah didapatkan dari bangku perkuliahan dan dengan bimbingan dari Lilik Ariyanto selaku dosen pembimbing. Tevan dan Derisna berhasil menjuarai perlombaan tersebut.

Prestasi Tevan memang bukan tiba-tiba, sebelumnya pada tahun 2017, dia pernah menjadi Juara I Lomba Media Pembelajaran Matematika (LOMEBEL) Tingkat Nasional di Universitas Achmad Dahlan Yogyakarta bersama Derisna rekan setimnya. Juara I Lomba Kreatifitas dan Inovasi Media pembelajaran (KRENOBEL) Tingkat Nasional di Universitas Negeri Malang dan juara III digital book SEAMOLEC Competition tingkat Asean 2017. Di tahun sebelumnya Tevan juga pernah menjadi juara I Lomba Media Pembelajaran tingkat Jawa Tengah yang diadakan di Universitas PGRI Semarang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *