Teliti Sistem Polder di Semarang, Ikhwanudin Raih Gelar Doktor Teknik

Teliti Sistem Polder di Semarang, Ikhwanudin Raih Gelar Doktor Teknik

Banjir di kota Semarang seperti kabar buruk yang tiap tahun menyapa masyarakat. Curah hujan tinggi sudah seringkali jadi penyebab, lalu ditambah dengan laju kenaikan muka air laut serta banjir rob. Namun, secara teknis ada beberapa persoalan yang berkaitan dengan persoalan banjir di Semarang.
“Belum diketahuinya kapasitas saluran (long storage) dan Kolam Retensi sistem Kali Banger. Selain itu juga belum diketahui efektifitas operasional Pompa dan Tampungan, dan belum diketahui korelasi antara catchment area, kolam retensi dan pompa,” papar Ikhwanudin, dosen Teknik Sipil Universitas PGRI Semarang dalam ujian terbuka Program Doktor Teknik Sipil, Unissula, tadi pagi, 23 Desember 2020.
Ikhwanudin, dalam disertasi yang berjudul “Model Korelasi Catchment Area, Waterstorage, Kapasitas Pompa dalam Sistem Polder di Semarang”, menganalisa karakter hidrologi, catchment area dan kolam retensi serta merumuskan korelasi antara ketiganya.
Dalam penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model simulasi model prototype kolam dan pompa di laboratorium, pengamatan lapangan menggunakan “diver”, pemodelan numerik dengan bantuan software SWMM Versi 5.1, dan HEC-HMS Versi 4.21.
Dari hasil temuannya, Ikhwan mendapati hubungan antara debit input, elevasi, dan pompa merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan saling terkait. Selain itu, dari penelitiannya diketahui hubungan terbalik antara luas kolam dan debit pompa, dengan kata lain semakin besar atau luas kolam maka semakin kecil debit pompa yang dibutuhkan, demikian sebaliknya semakin kecil luas kolam maka semakin besar debit pompa.

Salah satu objek yang diteliti, Das Banger dengan luas 675 ha, dengan efektivitas kolam retensi seluas 3% dari luas DAS atau 13,45 Ha kolam retensi dan 4,2 Ha longstorage.
Ikhwanudin berhasil meraih gelar Doktor Teknik setelah sukses melalui seluruh proses ujian dan menyelesaikan disertasi. Sidang Ujian Terbuka Promosi Doktor diketuai oleh Prof. Ir. H. Pratikso, MST, Ph.D., dengan promotor Prof. Dr. Ir. H.S Imam Wahyudi, DEA, Ko-Promotor, Ko-Promotor Dr. Ir. H. Soedarsono, M.Si, Penguji Eksternal Dr. Ir. Muhammad Mukhlisin, MT, Prof. Dr. Ir. Antonius, M.T., penguji internal Ir.H. Rachmat Mudiyono, M.T, Ph.D, Ir. Moh Faiqun Ni’am MT, Ph.D.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *