Diskripsi Program Studi

Program Studi Tekni kMesin adalah disiplin ilmu yang berorientasi untuk mendesain suatu peralatanmesin, mengkonversikan energi dari sumbernya menjadi energi yang berguna, memproduksi benda atau pun bagian-bagian mesin dari segi teknik, proses maupun manajemen. Program Studi Teknik Mesin menawarkan kesempatan kepada calon lulusan untuk memperoleh pendidikan teknik dengan mengkhususkandiri dalam Perancangan Konstruksi, Perancangan Mesin Konversi Energi, Pembuatan Komponen komponen Mesin serta Technopreneur Bidang Teknik Mesin

 

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi yang unggul dan berjati diri dalam menghasilkan lulusan dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta berjiwa Technopreneur.

 

Misi Program Studi:

  1. Mengembangkan kegiatan program pendidikan tinggi teknik mesin yang berorientasi pada teknologi bisnis sesuai dengan kebutuhan industri
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam menghasilkan teknologi terapan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri.

 

Tujuan

  1. Membentuk Sarjana Teknik yang menguasai dasar- dasar dari hakikat ilmu Teknik Permesinan secara umum maupun secara khusus.
  2. Mempersiapkan calon lulusan untuk mampu menjadi seorang profesional melalui pendidikan lanjut sertifikasi keahlian profesi atau studi lanjut pascasarjana di bidang terkait.

 

Profillulusan Program Studi :

  1. PerancangKonstruksi.
  2. PerancangMesinKonversiEnergi.
  3. PembuatKomponen-komponenMesin
  4. TechnopreneurBidangTeknikMesin

 

Kompetensi Lulusan:

Lulusan diharapkan:

  1. Mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains, ilmu teknik mesin dan pengetahuan lainnya dengan penuh prakarsa untuk mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah-masalah teknik mesin.
  2. Mampu merancang suatu komponen, sistem, atau proses untuk suatu keperluan dalam bidang teknik mesin.
  3. Mampu merancang dan melakukan eksperimen, serta dapat menganalisis dan mengintrepretasi data.
  4. Mampu memanfaatkan metode, ketrampilan dan peralatan teknik modern, yang diperlukan untuk pekerjaan teknik.
  5. Mampu berkomunikasi dengan efektif, secara lisan maupun tulisan, dalamBahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris secara baik dan benar.
  6. Mampu berperan efektif baik sebagai individu maupun dalam kelompok multi disiplin/budaya.
  7. Memahami dan memiliki komitmen terhadap etika dan profesi.
  8. Memahami kewirausahaan dan proses untuk menghasilkan inovasi.
  9. Memiliki kemampuan dan kemauan untuk belajar sepanjang hayat.

 

Prospek lulusan

Sarjana Teknik Mesin dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) seperti: BUMN, perusahaan manufaktur, energi, jasa konsultasi & kontraktor, pertambangan & perminyakan, lembaga penelitian, perguruan tinggi (PTN dan PTS), tenaga ahli maintenance engineering, teknologi manufaktur, dsb.

Menjadi technopreneur sebagai jasa konsultan dan kontraktor yang berkaitan dengan manajemen energi, analisa performance engine, perancangan & pengendalian proses dan sistem manufaktur, pelatihan teknologi manufaktur, CAD/CAM/CAE, CNC, Quality Control dan metrologi industri, dsb.