A. Visi

Visi program studi (S1) Teknik Lingkungan adalah  menjadi Program studi yang unggul di bidang konservasi  lingkungan dan Berjati diri kearifan lokal

 

B. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan konservasi Lingkungan yang unggul, untuk menjawab tantangan kebutuhan Tenaga ahli lingkungan yang mampu berkompetisi di era globalisasi.
  2. Melaksanakan penelitian yang unggul dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lingkungan untuk menjawab permasalahan yang bertaraf  lokal, Nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas didasarkan pada penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Mengembangkan dan mengelaborasi kearifan lokal dalam pelestarian lingkungan sebagai bagian dalam membangun jatidiri bangsa.

C. Keunggulan dan karakteristik Program Studi

 Konsep Teknik Lingkungan modern terfokus pada prinsip dan topik Teknik Lingkungan kontemporer yang berkontribusi pada pemecahan masalah Lingkungan yang kompleks. Dengan demikian, melalui pemahaman konsep yang komprehensif maka lulusan akan memiliki keterampilan dalam pemecahan masalah terkait konservasi Lingkungan saat ini dan yang akan datang,

Berdasarkan hal tersebut maka Program Studi Teknik Lingkungan mengembangkan kurikulum  yang disesuaikan dengan KKNI serta menyediakan fasilitas pembelajaran berupa smart learning dengan memanfaatkan teknologi informasi ; menyediakan laboratorium yang unggul dan menjalin kerjasama yang sinergis dengan lembaga pemerintah /Badan Usaha dan dunia usaha swasta; Sumber daya dan dana dalam rangka penyelenggaraan program studi yang dimiliki juga sangat memadai, 50% dosen dan tenaga kependidikan berusia relatif muda (< 45 tahun) sehingga sangat potensial untuk dikembangkan; memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai dengan kondisi finansial yang baik, dikelola secara baik serta selalu diaudit secara eksternal.

Isu kelangkaan energi menjadi salah satu perhatian dunia. Keterbatasan disebabkan oleh berkurangnya sumber energi dan penggunaan yang tidak efisien. Oleh karena itu program studi mengembangkan secara integral materi konservasi energi sebagai salah satu materi unggulan di program studi ini.

D. Profil lulusan

Lulusan Program Studi Teknik Lingkungan didedikasikan untuk memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif, yang mampu :

  1. Merencanakan, merancang dan menerapkan teknologi bidang teknik penyehatan dan lingkungan.
  2. Merancang bangun sistem instalasi penyediaan air minum, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL ), dan penyaluran air limbah (sewerage system)
  3. Mengelola persampahan dan merancang sanitary landfill.
  4. Merancang dan mengelola instalasi pengendalian pencemar udara.
  5. Mengelola lingkungan dalam pekerjaan Analis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), Rencana Kelola Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL).
  6. Merancang bangun sistem teknologi bersih dan konservasi energi