Racana Subiadinata Sikat Tiga Juara

Racana Subiadinata Sikat Tiga Juara

Seorang guru yang cakap haruslah menguasai materi dan keterampilan di bidang pramuka. Untuk itu, mahasiswa pendidikan calon guru diharapkan turut aktif dalam mengikuti kegiatan kepramukaan semasa mereka berkuliah.

Di Universitas PGRI Semarang, segala hal berkaitan tentang kepramukaan bisa dipelajari di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Subiadinata. Untuk mengasah kemampuan, setiap anggota selalu dipicu mengikuti perlombaan dan kompetisi kepramukaan.

Belum lama ini, UKM Racana Subiadinata berhasil meraih tiga juara sekaligus dalam acara Perkemahan Bakti bersama Saka Kalpataru III 2018 Kwartir Cabang kota Semarang pada tanggal 8-10 september 2018 di Bumi Perkemahan Jatirejo Kwarcab Kota Semarang. Di dalam acara ini meraih prestasi Juara 2 Handy Craft putra.

Sedangkan dalam 8th Senior Rover Scout Creativity  se-Indonesia tahun 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 7-11 September 2018 di Universitas Negeri Semarang, Racana meraih prestasi Juara 2 Kejuaraan Orientering oleh dan Juara 3 Cipta Permainan Edukasi Pramuka.

Sari Otavia, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang juga anggota Racana, menyebutkan, untuk berhasil meraih juara tersebut, masing-masing tim berlatih rutin. “Dalam seminggu kami berlatih sampai tiga kali, dari pagi sampai malam. Saya harus membagi waktu antara magang dan latihan, karena saya sudah semester 7,” ungkap dara asli Kendal ini.

Hal itu ditegaskan pula oleh Mufti Fakihudin, mahasiswa matematika yang juga anggota Racana. “Kami harus selalu bisa membagi waktu antara berlatih dan kuliah. Sejauh ini saya tidak kesulitan membagi waktu  untuk keduanya,” ungkap Mufti.

Untuk agenda mendatang, Racana Subiadinata tengah mempersiapkan penyelenggaraan Prabinsa bagi calon pembina yang sudah melewati tahap Kursus Mahir Dasar (KMD).[]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *