Program Studi Matematika UPGRIS Teken MoU DMMMSU Philippina

Program Studi Matematika UPGRIS Teken MoU DMMMSU Philippina

Dalam rangka meningkatkan daya saing Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) secara global serta sebagai sarana dalam mempromosikan pertukaran pengetahuan (exchange of knowledge) antara perguruan tinggi Indonesia dan perguruan tinggi mitra di luar negeri, perlu dijalin kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri yang mempunyai reputasi baik yang dituangkan dalam bentuk MoU. Salah satu MoU yang dimiliki adalah dengan perguruan tinggi Don Mariano Marcos Memorial State of University (DMMMSU) di Philippina, Kamis (13/12).

Kerja sama bidang akademik akan diawali dan dilakukan melalui kerja sama untuk menyusun kurikulum bersama (Joint Curriculum) program studi Pendidikan Matematika pada masing-masing perguruan tinggi. Kerja sama tersebut akan dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama/Memorandum of Agreement (MoA) tentang Joint Curriculum yang ditandatangani oleh kedua belah pihak (UPGRIS DAN DMMMSU) di Don Mariano Marcos Memorial State of University (DMMMSU) di Philippina, Kamis (13/12).

Atas dasar itu, diperlukan kunjungan akademik ke DMMMSU untuk menyusun dan memantapkan kurikulum pada Joint Curriculum serta penjajagan kerja sama yang lain, misal penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat; program kembaran; gelar bersama; gelar ganda; pengalihan dan/atau pemrolehan angka kredit; pertukaran dosen dan/atau mahasiswa; penyelenggaraan seminar bersama.

Dekan FPMIPATI UPGRIS Dra Intan Indiati MPd menuturkan tujuan dari kunjungan akademik ke DMMMSU Philippina diantaranya Menyusun kurikulum bersama dengan memperhatikan capaian pembelajaran/learning outcomes, materi (termasuk buku referensi), metoda, dan media pembelajaran. “Menghasilkan Perjanjian Kerja Sama/Memorandum of Agreement (MoA) tentang Joint Curriculum. Penjajagan bentuk kerja sama yang lain, serta Kolokium,” imbuh Intan.

Dalam kunjungan tersebut diikuti oleh Dr Nur Hidayat MHum Kepala Kantor Urusan Internasional UPGRIS, Dekan FPMIPATI, Ketua dan Sekretaris Prodi Pendidikan Matematika, dan Tim Joint Curriculum

Sebagai tindak lanjut kerja sama UPGRIS dan perguruan tinggi Don Mariano Marcos Memorial State of University (DMMMSU) di Philippina diantaranya menyelenggarakan program transfer kredit (credit transfer) menggunakan “Kurikulum Bersama.” Mengembangkan program mobilitas mahasiswa (student mobility) melalui pertukaran mahasiswa. Meningkatkan penyelenggaraan program menjadi program Dual/Joint Degree. Hasil kerjasama yang telah disepakati berupa MoA yg sudah ditandatangani serta kurikulum bersama

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *