Peran PT Dalam Inovasi

Peran PT Dalam Inovasi

Seiring dengan perubahan kontur tanah hingga kondidi iklim yang ekstrim, diperlukan riset dan penelitian sehingga menghasilkan inovasi baru berkelanjutan pada jenis beton. Penelitian tersebut perlu melihat pelbagai aspek, termasuk perguruan tinggi.

“Salah satu inovasi terbaru yakni beton bajik atau virtous concrete, berupa beton yang memiliki keunggulan tiga karakter utama yaitu awet, berkelanjutan, dan “pintar”, terang pakar teknik sipil dari American Concrete Institute Retno Susiloni, dalam Seminar Nasional dan Dialog Akademik yang digelar forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) di Balairung UPGRIS, 6 Desember 2016.

Jenis beton ini menggunakan bahan tambahan berbasis gula serta mortar dan beton polimar termodifikasi alami. Sejauh ini penerapannyadigunakan sebagai bahan grouting dan retrofitting, bangunan rumah tinggal yang rusak terkena rob dan air laut, contoh kasusnya di kawasan Demak.

Hal senada juga disampaikan Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum. Menurutnya melalui kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa teknik sipil seluruh Indonesia, mampu menghasilkan berbagai pemikiran untuk pembangunan di Indonesia. Rektor mendorong agar ada peningkatan jumlah insinyur di Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *