Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Komputer

Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Komputer

Pembelajaran bahasa Inggris di SMP dan SMA meliputi empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Keempat keterampilan tersebut saling berintegrasi satu sama lain dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Mengingat pentingnya keterampilan berbahasa Inggris bagi siswa SMA/MA, maka guru harus mampu menyampaikan pembelajaran Bahasa Inggris dengan model dan media pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Namun pada kenyataanya, pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah tidak membuat siswa merasa tertarik sehingga menyebabkan kebosanan selama proses pembelajaran. Hal ini tidak hanya disebabkan dari faktor guru namun juga bisa disebabkan oleh media yang digunakan pada saat pembelajaran. Media dapat membantu guru agar lebih mudah dalam penyampaian materi. Salah satu media yang dapat dapat menunjang proses pembelajaran bahasa adalah media berbasis komputer. Menurut Newby, et al. (2011, p.51) komputer dapat berperan sebagai guru dan asisten. Peran komputer sebagai guru adalah komputer dapat menyediakan materi-materi, mengevaluasi respon siswa dan memberikan feedback pada siswa. Komputer menjadi sangat interaktif, individual dan sangat toleran. Sedangkan peran komputer sebagai asisten adalah komputer dapat berfungsi sebagai alat bantu guru atau siswa untuk melakukan berbagai aktifitas salah satunya membuat materi multimedia. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang akan gelar seminar Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Komputer.

Dyah Nugrahani MPd ketua panitia penyelenggara menjelaskan Kegiatan Seminar ini bertujuan. “Memberikan pengetahuan kepada para guru SMP dan SMA tentang pentingnya penggunaan media pembelajaran Bahasa Inggris berbasis komputer terutama untuk membuat proses pembelajaran menjadi menarik. Memberikan keterampilan kepada para guru SMP dan SMA untuk memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris,” imbuh Dyah.
Seminar ini akan dilaksanakan Sabtu (15/12) di kampus IV UPGRIS jalan Gajah Raya Semarang. Akan hadir narasumber Dr Dwijatmoko dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Peserta guru Bahasa Inggris SMP/SMA se kota Semarang serta mahasiswa.

Jafar Sodiq MPd ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris menuturkan Kegiatan Seminar Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini merupakan salah satu bentuk peran aktif. “Peran aktif Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang dalam membantu pendidik untuk mewujudkan proses pembelajaran Bahasa Inggris menjadi menarik bagi para siswa melalui penggunaan media pembelajaran berbasis komputer,”imbuh Jafar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *