A. Visi Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi menjadi pusat pendidikan Teknologi Informasi yang menghasilkan lulusan tenaga pendidik, berkompeten, berjati diri dan unggul.

B. Misi Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran untuk menyiapkan lulusan tenaga kependidikan, berkompeten dalam bidang Teknologi Informasi.
  2. Mengembangkan kegiatan akademik yang berjati diri dan unggul.
  3. Mengembangkan kemampuan lulusan yang memiliki kompetensi, pedagogik dan berkarakter.
  4. Mengembangkan kemampuan peneliti inovatif dan pengabdian kepada masyarakat bagi lulusan dalam rangka menerapkan ilmu Teknologi Informasi.
  5. Mengembangkan kemampuan lulusan dalam berwiraswasta dan menciptakan lapangan pekerjaan di bidang Teknologi Informasi.

C. Profil Lulusan

  1. Pendidik yang berkompeten di bidang Teknologi Informasi.;
  2. Peneliti bidang Pendidikan Teknologi Informasi
  3. Wiraswastawan di bidang Teknologi Informasi.

D. Tujuan Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

  1. Menghasilkan tenaga kependidikan Teknologi Informasi yang memiliki kompetensi, pedagogik, kepribadian dan sosial.
  2. Menghasilkan tenaga kependidikan Teknologi Informasi berjati diri dan unggul.
  3. Menghasilkan tenaga kependidikan Teknologi Informasi yang mampu melakukan penelitian inovatif dan mengaplikasikan bidang keilmuannya sebagai bentuk layanan kepada masyarakat yang berkualitas sebagai bentuk pengabdian.
  4. Menghasilkan lulusan profesi pendidik dan non kependidikan yang berkemampuan dan berkompeten di bidang Teknologi Informasi.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu berwiraswasta dan menciptakan lapangan pekerjaan di bidang Teknologi Informasi.

E. Capaian Pembelajaran

1. Pendidik yang berkompeten di bidang Teknologi Informasi

  • Menguasai dan mampu mengembangkan Pendidikan Teknologi Informasi untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi, yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).
  • Mampu memecahkan permasalahan pendidikan Teknologi Informasi dan beradaptasi dalam situasi yang dihadapi melalui model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang relevan di era global.
  • Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran Teknologi Informasi berbasis IPTEKS untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi.
  • Menguasai objek Teknologi Informasi secara mendalam yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik Teknologi Informasi serta mampu merencana, mengelola dan mengimplementasikan

2. Peneliti bidang Pendidikan Teknologi Informasi

  • Menguasai objek Teknologi Informasi secara mendalam yang mendukung tugas profesionalnya sebagai peneliti Teknologi Informasi serta mampu merencana, mengelola dan mengimplementasikan.
  • Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan saran alternatif pemecahan masalah dalam bidang pendidikan Teknologi Informasi
  • Mampu memilih dan menggunakan teori keilmuannya sebagai alternatif pemecahan masalah di bidang pendidikan Teknologi Informasi

3. Wiraswastawan di bidang Teknologi Informasi

  • Menguasai objek Teknologi Informasi secara mendalam yang mendukung tugas profesionalnya sebagai wiraswastawan Teknologi Informasi serta mampu merencana, mengelola dan mengimplementasikan.
  • Mampu menunjukkan hasil kerja sesuai dengan target yang diharapkan.
  • Bertanggungjawab dalam melaksanakan profesinya dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.