A. Visi , Misi & Tujuan Program Studi

1. Visi

Menjadi pusat pendidikan Biologi yang unggul dan berjatidiri pada tahun 2025

2. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan Program Sarjana Pendidikan Biologi yang unggul dan berjati diri
  2. Menyelenggarakan penelitian sebagai dasar peningkatan kualitas pembelajaran, pengembangan ilmu dan profesionalitas dalam bidang pendidikan Biologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Memberikan peneladanan dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian yang Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas, Sinergis (UPGRIS).
  5. Mengembangkan jejaring kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan keilmuan pendidikan Biologi dan peningkatan kecakapan (skill) lulusan.

3. Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan Program Sarjana di bidang Pendidikan Biologi yang unggul dan berjati diri
  2. Menghasilkan karya penelitian sebagai dasar peningkatan kualitas pembelajaran, pengembangan ilmu dan profesionalitas dalam bidang pendidikan Biologi
  3. Menghasilkan karya pengabdian yang berkualitas sebagai implementasi hasil penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas, Sinergis (UPGRIS).
  5. Mewujudkan jejaring kerja sama dengan lembaga pemerintah/non-pemerintah untuk pemantapan kinerja program studi.

B.  Sasaran & Strategi Pencapaian

1. Sasaran

  1. Mencetak lulusan dengan IPK minimal 3,00 dibawah masa studi 4 tahun untuk mempersiapkan tenaga kerja yang mampu bersaing dengan lulusan PTN maupun PTS baik di level regional, nasional maupun internasional
  2. Terciptanya budaya akademik yang kondusif untuk mengembangkan keilmuan biologi maupun pendidikan biologi.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi berbahasa asing dengan skor TOEFL minimal 400 agar siap menghadapi tantangan global.
  4. Menghasilkan lulusan yang melek ICT dalam pemanfaatan media pembelajaran baik secara on line learning maupun off line learning agar lebih siap menghadapi kemajuan IPTEK.
  5. Menghasilkan mahasiswa yang mampu menciptakan karya-karya inovatif sebagai interpretasi dari kompetensi bioentrepreneur yang harus dimiliki.
  6. Dosen dan mahasiswa aktif dalam publikasi ilmiah dari keilmuan dan inovasi yang dikembangkan, baik dalam bentuk jurnal maupun seminar di tingkat naional maupun internasional

2. Strategi

  1. Mempersiapkan tenaga pengajar yang handal dan profesional dalam rumpun keilmuannya.
  2. Memberikan pelayanan prima bagi dosen maupun mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan dan penyelenggaraan kegiatan pendukung perkuliahan.
  3. Menciptakan suasana akademik yang kondusif dengan mengoptimalkan lingkungan, fasilitas dan media yang dimiliki untuk dimanfaatkan dalam kegiatan belajar.
  4. Memberikan perkuliahan dengan muatan kurikulum KKNI dan bahasa pengantar nasional maupun internasional, agar mahasiswa terlatih dalam penggunaan bahasa asing.
  5. Memberikan pelatihan bahasa Inggris dan tes TOEFL kepada mahasiswa secara berkala.
  6. Memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dirinya dengan berpartisipasi dalam setiap ajang kompetisi ilmiah baik regional, nasional maupun internasional (seperti: Olimipade Nasional MIPA, PPL pertukaran mahasiswa ke luar negeri, lomba mengajar tingkat nasional, lomba media berbasis ICT, lomba menulis artikel ilmiah, dll).
  7. Membangun komunitas belajar ilmiah (biologi club) bagi mahasiswa untuk menginterpretasikan pengembangan karya-karya inovatif baik dalam keilmuan biologi maupun pendidikan biologi (seperti: workshop dan latihan media, pengembangan produk pangan dan kesehatan, eksperimen-eksperimen biologi, dll).
  8. Mengoptimalkan penyelenggaraan Tridharma Perguruan tinggi bagi dosen maupun mahasiswa agar lebih aktif dan produktif dalam mengembangkan karya-karya inovatif.
  9. Membudayakan menulis dan publikasi ilmiah baik bagi dosen maupun mahasiswa.
  10. Membangun kerjasama dengan institusi terkait dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

C. Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi

MenghasilkanSarjanaPendidikandenganKualifikasisebagai:

  1. Pendidik Biologi
  2. Bioentrepreneur

 

D. Kompetensi Lulusan Berdasarkan Kualifikasi Level 6 KKNI

     1. Learning Outcome Generik Pro gram Studi

         a. Deskripsi Kinerja, Hak Dan TanggungJawab

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang pendidikan biologi dan biologi serta mengambil keputusan strategis dan dapat dipertanggungjawabkan secara profesional

        b. Deskripsi Pengetahuan

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan yang mendalam di bidang pendidikan biologi dan biologi, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural

    2. Learning Outcome Spesifik Pro gram Studi

        a. Deskripsi Kinerja, Hak Dan Tanggung Jawab

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, danmengevaluasipembelajaran kurikuler, kokurikulerdanekstrakurikuler, denganpendekatansaintifikdenganmemanfaatkanberbagaisumberbelajar, media pembelajaranberbasis IPTEKS, danpotensilingkungansetempat, sesuaistandar proses danmutu.
  2. Mampumelakukanpendampinganterhadapsiswadalamlingkuppembelajaran.
  3. Mampumelakukanevaluasi proses pembelajaranbiologimenggunakanpenelitianpendidikanbiologi .
  4. Mampumerencanakandanmengelolasumberdayadalampenyelenggaraankelas, sekolah, danLembagaPendidikan yang menjaditanggungjawab, danmengevaluasisecarakomprehensif
  5. Mampumemilikikreativitasdalammengembangkanprodukpadabidangpendidikanbiologidanbiologi
  6. Memilikikemampuanuntukmelakukananalisispasar yang terkaitdenganpendidikanbiologidanbiologi
  7. Memilikiinisiatifbertindakdalamupayamengembangkankewiraausahaan
  8. Mampumengambilkeputusanstrategisberdasarkananalisisinformasidan data dalampenyelenggaraankelas, sekolah, danLembagaPendidikan yang menjaditanggungjawabnya;
  9. Mampu melakukankajianterhadapmasalahmutu, relevansi, danakses di bidangpendidikanbiologi, danmemberikansolusisebagaidasarpengambilankeputusan.
  10. Mampumengkajidanmengembangkanpembelajaraninovatif.

     b. Deskripsi Pengetahuan

  1. Menguasai konsepteoretis pedagogidankonseppengetahuanpendidikanbiologidanbiologisesuaidengantugasnya.
  2. Menguasaikonsep, prinsip, danaplikasiberbagai metodepembelajaran yang berorientasipadakecakapanhidup (life skill )
  3. Menguasaiprinsipdanteknikperencanaandanevaluasipembelajaran
  4. Menguasaipengetahuanfaktualtentangfungsidanmanfaatteknologikhususnyateknologiinformasidankomunikasi yang relevanuntukpengembanganmutupendidikan
  5. Menguasaipengetahuantentangdasar-dasarpengelolaankewirausahaansertamemahamistrategipengelolaansemuasumberdayasecaraefektifdanefisien
  6. Menguasaipengetahuanteoritistentangkajiandanpenelitiandibidangpendidikanbiologi.

E. Prestasi

Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi antara lain:

  1. Penerima Beasiswa Bidikmisi
  2. Pemenang Olimpiade Nasional MIPA (ONMIPA) Bidang Biologi se-Jawa Tengah, dua tahun berturut-turut
  3. Juara 1 Lomba Mengajar (Microteaching) Tingkat Nasional
  4. Juara 2 Duta Anti Rokok se-Jawa Tengah
  5. Setiap Tahun Lolos PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang Didanai oleh Dikti
  6. Juara 1 Futsal antar Mahasiswa se-Jawa Tengah