Profil Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (S2)

Visi

menjadi  program studi yang unggul berbasis penelitian dan teknologi serta berwawasan global yang berjatidiri

Misi

  1. Membentuk insan cendikia yang unggul dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
  2. Mengembangkan budaya akademik yang berjatidiri dan berbudi luhur
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran   berlandaskan ilmu  linguistik, sastra,  dan budaya bangsa.
  4. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah yang relevan dengan ilmu kependidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan mengintegrasikan teknologi dan budaya bangsa yang memberi kemaslahatan bagi masyarakat.
  5. Menyelenggarakan dan mengembangkan layanan kepada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui kemitraan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra yang  mampu melaksanakan perubahan-perubahan sosial dan tata nilai masyarakat berlandaskan jatidiri keindonesiaan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, menghasilkan karya akademik, dan temuan-temuan  dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya yang memiliki kemaslahatan bagi kemanusiaan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian inovatif dalam bidang pendidikan  bahasa dan sastra sehingga memenuhi tuntutan global.
  4. Menghasilkan ilmuwan dan praktisi  dalam pendidikan yang berakar pada linguistik, sastra dan budaya baik tingkat dasar, menengah maupun pendidikan tinggi.
  5. Anggota masyarakat yang membangun jatidiri keindonesiaan dengan berdasar pada ranah lokal genius
  6. Menjadi pusat riset pendidikan bahasa,  sastra, dan budaya guna menggali nilai-nilai luhur kearifan lokal.
  7. Menjadi pusat pelayanan dan konsultasi pendidikan bahasa, sastra, dan budaya yang kompeten secara pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.

Manfaat Program Studi yang diusulkan:

  1. Terpenuhinya kebutuhan tenaga ahli kependidikan bahasa dan sastra Indonesia yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Peneliti inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Anggota masyarakat yang mampu membangun jatidiri keindonesiaan dalam ranah lokal genius.
  2. Terbentuknya pusat riset pendidikan bahasa dan sastra Indonesia guna menggali nilai-nilai luhur kearifan lokal dan budaya bangsa.
  3. Terbentuknya pusat pelayanan dan konsultasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang sesuai dengan tuntutan global
  4. Terbentuknya anggota masyarakat yang membangun jatidiri keindonesiaan dalam ranah lokal genius sejak di kampus.

 

Profil

Lulusan program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indnesia (S2) Universitas PGRI Semarang memiliki profil sebagai berikut:

  1. Insan yang unggul dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang relevan dengan kebutuhan pembangunan dan masyarakat yang mampu melaksanakan perubahan-perubahan sosial dan tata nilai masyarakat berlandaskan jatidiri keindonesiaan.
  2. Insan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, menghasilkan karya akademik dan temuan-temuan  yang memberi kemaslahatan bagi kemanusiaan dan kesejahteraan masyarakat dalam bahasa, sastra, dan budaya.
  3. Peneliti inovatif dalam bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya yang mampu memenuhi tuntutan global.
  4. Praktisi dan ilmuwan dalam pendidikan yang berakar pada linguistik, sastra, dan budaya baik tingkat dasar, menengah maupun pendidikan tinggi.

Anggota masyarakat yang membangun jatidiri keindonesiaan dengan berdasar pada ranah lokal genius.