PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA DAERAH

FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI

UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

 

VISI:

Menjadi program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah yang Unggul dan Berjati Diri pada Tahun 2025.

MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Jawa yang unggul dan berjatidiri.
  2. Melaksanakan penelitian sebagai dasar peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan ilmu dalam bidang pendidikan, bahasa dan sastra Jawa.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengimplementasikan hasil penelitian dan untuk memecahkan masalah dalam bidang pendidikan, bahasa dan sastra Jawa.
  4. Menumbuhkan Semangat Peneladanan dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang unggul dan berkarakter peduli, gigih, religius, berintegritas dan sinergis (UPGRIS).

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Jawa yang unggul dan berjati diri.
  2. Menghasilkan luaran penelitian sebagai dasar peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan ilmu dalam bidang pendidikan, bahasa dan sastra Jawa
  3. Mengimplementasikan hasil penelitian dalam bentuk pengabdian untuk memecahkan masalah dalam bidang pendidikan, bahasa dan sastra Jawa.
  4. Menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter peduli, gigih, religius, ber-integritas dan sinergis (UPGRIS) dan mampu menjadi teladan.

SASARAN

  1. Tersedianya lulusan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Jawa yang unggul dan berjati diri.
  2. Tersedianya luaran penelitian sebagai dasar peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan ilmu dalam bidang pendidikan, bahasa dan sastra Jawa
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat untuk mengimplementasikan hasil penelitian dan untuk memecahkan masalah dalam bidang pendidikan, bahasa dan sastra Jawa.
  4. Terbentuknya sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter peduli, gigih, religius, ber-integritas dan sinergis (UPGRIS) dan mampu menjadi teladan.

KEUNGGULAN PRODI

  1. Para pengajar terdiri dari ilmuwan dan praktisi yang kompeten di bidangnya
  2. Di samping Mata Kuliah Kependidikan, Kebahasaan dan Kesastraan Jawa, terdapat Mata Kuliah praktik untuk mencetak para praktisi:
    1. Panatacara
    2. Karawitan
    3. Tembang
    4. Tari
    5. Drama Jawa
    6. Kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan:
      1. Sarasehan Mahasiswa
      2. Macapatan
      3. Karawitan

 

FASILITAS PRODI

  1. Ruang Kuliah ber-AC, LCD
  2. Laboratorium Prodi
  3. Ruang Gamelan
  4. Staf Pengajar lulusan S2 dan S3 UGM, UNS, UNJ
  5. Staf Pengajar Khusus para praktisi yang berkompeten di bidangnya

 

PRESTASI MAHASISWA

  1. Juara 2 Lomba Sandiwara Radio Tingkat Provinsi Jateng (RRI Semarang)
  2. Juara  3 Lomba Lawak Tingkat Provinsi (Taman Budaya Surakarta)
  3. Pengisi Acara Kesenian di berbagai even di dalam dan di luar kampus
  4. Pengisi Tetap Acara Macapat di Cakra Semarang TV
  5. Pengisi Tetap Acara Geguritan di RRI Semarang

JML SKS: 151

  1. 91 sks Kompetensi Utama
  2. 34 sks Kompetensi Pendukung
  3. 26 sks Kompetensi Khusus

 

PROFIL LULUSAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA DAERAH

 

  1. Pendidik Bahasa dan Sastra Jawa
  2. Panatacara/MC Jawa

KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA DAERAH UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

KOMPETENSI UTAMA

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  bernegara,  dan  kemajuan  peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

Profil Pendidik Bahasa dan Sastra Jawa

  1. Mampu mengaplikasikan teori, prinsip dalam pembelajaran bahasa dan sastra Jawa. kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.
  2. Mampu menerapkan kompetensi pedagogik dengan menggunakan pendekatan inovatif
  3. Mampu berbahasa dan bersastra Jawa lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan.
  4. Mampu mengaplikasikan keahlian khusus bidang sastra, seni dan budaya Jawa
  5. Mampu mengkaji kemampuan siswa sebagai dasar untuk melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran bahasa Jawa
  6. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif
  7. Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pembelajaran

Profil Panatacara / MC Jawa

  1. Mampu mengaplikasikan keahlian berbahasa Jawa lisan dalam berbagai acara berbahasa Jawa
  2. Mampu mengaplikasikan keahlian mengelola acara berbasis budaya Jawa
  3. Mampu membuat desain/merancang acara dalam upacara adat Jawa
  4. Mampu membuat desain/merancang acara dalam acara yang berbasis kejawaan baik langsung maupun melalui media massa
  5. Mampu mengkaji persoalan-persoalan praktis dalam upacara adat Jawa
  6. Mampu mengkaji persoalan-persoalan praktis dalam berbagai acara berbasis budaya Jawa
  7. Mampu memanfaatkan IPTEKS untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai acara berbasis budaya Jawa

Penguasaan Pengetahuan 

Profil Pendidik Bahasa dan Sastra Jawa

  1. Menguasai konsep teoretis secara umum kompetensi pedagogi dan konsep pengetahuan bahasa Jawa sehingga mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.
  2. Menguasai konsep teosrotis secara umum prinsip dan aplikasi berbagai metode pembelajaran bahasa dan sastra Jawa khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)
  3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Jawa
  4. Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan.
  5. Menguasai konsep teoritis secara umum tentang kesastraan, seni, dan budaya serta pembelajaran bahasa dan sastra Jawa.
  6. Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan.
  7. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Jawa

Profil Panatacara/MC Jawa

  1. Menguasai konsep teoretis desain acara dalam acara-acara berbasis budaya Jawa
  2. Menguasai konsep teoretis upacara adat dalam budaya Jawa
  3. Menguasai konsep teoretis penggunaan bahasa Jawa dalam acara-acara berbahasa Jawa baik langsung maupun melalui media massa.

KOMPETENSI PENDUKUNG

Keterampilan Umum

  1. Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan dalam dunia pembelajaran, pengajaran dan pendidikan bidang bahasa dan sastra Jawa.
  2. Mampu menanggapi isu-isu pendidikan dan pengajaran bidang bahasa dan sastra Jawa.
  3. Mampu mengembangkan diri secara swakarya dengan kewirausahaan dan mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional.
  4. Memiliki komitmen terhadap profesi dan tugas profesional.
  5. Memiliki kepribadian yang baik, bertanggung jawab dan memiliki kredibilitas dan toleransi yang tinggi.Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  7. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

Mampu mengkomunikasikan berbagai gagasan tentang pendidikan terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Jawa.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Mampu memanfaatkan dan menerapkan perkembangan teknologi terkait dengan dunia pendidikan dan pengajaran.
  2. Mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pengajaran yang mendukung proses inovasi pembelajaran bahasa Jawa.

 

KOMPETENSI LAINNYA/PILIHAN

  1. Mampu mengembangkan karir dan mampu menilai kinerja sendiri
  2. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  3. Manginternalisasi sumber-sumber baru dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Jawa serta kaitannya dengan bidang ilmu lainnya.
  4. Mampu menganalisis dan mendisain produk-produk pendidikan dan pembelajaran berbasis prinsip-prinsip pembelajaran bahasa dan sastra Jawa secara kreatif.
  5. Mampu mengelola produk-produk pendidikan dan pembelajaran berbasis prinsip-prinsip pembelajaran bahasa dan sastra Jawa secara kreatif.