NGOBRAL Inovatif dan Kreatif di Tengah Pandemi

NGOBRAL Inovatif dan Kreatif di Tengah Pandemi

Baru-baru Himpunan Mahasiswa Informatika, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas PGRI Semarang gelar Ngobrol Bareng Online dengan tema “Membangun Semangat Belajar Mahasiswa yang Inovatif dan Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19.”

Kegiatan dilaksanakan melalui Online dengan menggunakan Aplikasi Zoom dan Live Streaming di kanal Youtube (https://www.youtube.com/c/MegatheOmega)

Tujuan kegiatan ini terkait kebijakan bekerja dari rumah sejak 16 Maret 2020. Selain bekerja, civitas akademika UPGRIS juga diminta untuk beribadah dan belajar dari rumah sebagai bentuk mengisolasi diri dari kegiatan sosial atau physical distancing.

Hal ini juga berpengaruh bagi para mahasiswa yang seharusnya aktif dan produktif. Banyak mahasiswa yang mengisi waktu luangnya hanya dengan tidur, bermain game, social media, dan berbagai kegiatan lainnya yang kurang produktif.

Oleh karena itu, kegiatan “NGOBRAL: Ngobrol Bareng Online” dengan tema “Membangun Semangat Belajar Mahasiswa yang Inovatif dan Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19” dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika yang bertujuan untuk memberikan, motivasi, penyegaran, dan arahan sehingga diharapkan para mahasiswa, baik Mahasiswa Universitas PGRI Semarang khususnya Mahasiswa program studi Informatika, serta mahasiswa umum lebih temotivasi untuk lebih giat belajar dan berkarya, sehingga tetap dan lebih produktif di tengah pandemi Covid-19.

Ngobral diikuti oleh 98 peserta di aplikasi Zoom dan 409 peserta di live Streaming Youtube, sehingga total ada 507 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, peneliti yang berasal dari berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke dan juga Timor Leste.

Narasumber:Mega Novita, S.Si., M.Si., M.Nat.Sc., Ph.D selaku host pada seminar dalam jaringan ini sekaligus Kepala Pusat Sains dan Teknologi LPPM UPGRIS Mengatakan bahwa event-event seperti ini menarik. “sangat senang dapat memfasilitasi kegiatan mahasiswa seperti ini. Semoga tujuan kegiatan NGOBRAL ini dapat terwujud, dosen dan mahasiswa dapat saling bekerjasama dalam sistem perkuliahan, sehingga masa sulit seperti ini dapat kita lewati dengan baik,” tutur Mega.

Selain itu, Bambang Agus Herlambang, M.Kom Ketua Program Studi Informatika menambahkan kegiatan ini diharapkan bisa saling bertukar pengalaman belajar pada saat kondisi pandemi seperti saat ini. “Banyak nilai positif yang dapat kita peroleh dari paparan para narasumber untuk membangun semangat belajar. Dosen juga dapat mengetahui apa kendala yang dialami mahasiswa dalam belajar di masa pandemi sehingga dapat melakukan inovasi pembelajaran,” tambah Herlambang.

kegiatan ngobral ini mahasiswa dapat memperoleh cerita dan pengalaman dari narasumber baik yg di dalam negeri atau Jepang. Bagaimana kegiatan pembelajaran yg dilakukan selama.masa pamdemi ini. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan informasi bagaimana persiapam jika menginginkan study ke Jepang.

Fajar Ajie Setiawan, Ketua PPI Kobe 2019-2020 Graduate School of International Cooperation Studies, Kobe University, Japan. Mengatakan bahwa mahasiswa dan dosen dituntut untuk lebih adaptif dalam menjalani kehidupan kampus di era pandemi dan pasca pandemi ini. “Unsur ‘keterpaksaan’ untuk perubahan ini juga perlu dilihat sebagai stimulus untuk dunia akademis yang lebih progresif. Untuk berdamai dengan keadaan saat ini, dibutuhkan niat dan komitmen antara dosen dan mahasiswa. Tidak hanya flexibilitas alasan internet dan waktu, tetapi juga tugas-tugas. Karena esensi perkuliahan online bukanlah pemberian tugas yang tiada akhir,” imbuh Fajar.

Dalam kondisi situasi aman serta nyaman adalah faktor yang sering menghambat semangat belajar. Membuat kita merasa dalam situasi terdesak/bahaya merupakan hal terkahir yang paling efektif sebagai motivasi belajar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *