Mutu Pendidikan Harus Ditingkatkan Sesuai Perubahan Zaman

Mutu Pendidikan Harus Ditingkatkan Sesuai Perubahan Zaman

Standar mutu lembaga pendidikan harus dipastikan sesuai dengan perkembangan zaman. Institusi pendidikan pintar-pintar merespons kebutuhan peserta didik dan perubahan zaman. Untuk itu, dalam sebuah lembaga pendidikan diperlukan adanya sistem penjaminan mutu yang kredibel.

Demi memastikan bahwa sistem dan orang-orang di dalamnya sudah sesuai standar, Lembaga Penjamin Mutu Universitas PGRI semarang menggelar Pelatihan Audit Mutu Internal, 2 – 3 Desember 2019, di Gedung Pascasarjana, lantai 5.

“Acara ini bertujuan untuk memastikan sistem penjaminan mutu  sudah sesuai standar. Selain itu juga untuk memastikan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) sesuai standar Dikti,” ungkap Ketua LPM Prof.Dr.Sunandar,M.Pd. Selain itu, masih menurut Sunandar, pelatihan ini juga bertujuan membekali calon auditor supaya bisa memahami  poin-poin konsep standarisasi yang diterapkan oleh UPGRIS. Acara ini dihadiri 18 dosen dari perwakilan fakultas.

Sementara itu, Rektor UPGRIS Dr.Muhdi, SH, MHum mengingatkan peserta tentang arah perubahan pendidikan di Indonesia. Hal ini mengingat wacan yang disampaikan oleh Mendikbud Nadiem Makarim ditengarai akan membawa banyak perubahan terhadap sistem pendidikan di Indonesia. “Standarisasi mutu  dan paradigma lama harus diubah. Kalau kampus ini tidak cepat, nanti bakal ketinggalan,” tegasnya.

Muhdi juga menambahkan, pemenuhan standarisasi itu mutlak, tetapi selain itu kampus juga harus responsif menangkap perubahan zaman. “Mengikuti arahan Mas Nadiem, ke depan sistem pendidikan kita harus lebih bisa disederhanakan,” pungkasnya.[]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *