Menyiapkan SDM Pengelola Sumber Daya Hayati (Mikrobiologi)

Menyiapkan SDM Pengelola Sumber Daya Hayati (Mikrobiologi)

“Seorang petani akan menyeberangkan kambing, sayuran, dan anjing dengan menggunakan sampan kecil. Masalah muncul karena sampan hanya muat untuk salah satu saja dari bawaannya. Sayuran tidak dapat ditinggal bersama kambing karena akan dimakan kambing. Kambing juga tidak dapat ditinggal bersama anjing karena akan diterkam anjing. Tolong bantu bagaimana petani tersebut menyeberangkan bawaannya.

Keterampilan Berpikir Kreatif (Shaughnessy, 1998; Torrance, 1977). Fluency (keterampilan menghasilkan banyak ide). Flexibility (keterampilan menghasilkan bermacam ide atau menggunakan bermacam pendekatan). Originality (keterampilan menghasilkan ide baru), dan Elaboration (keterampilan memberikan rincian terhadap suatu ide).
Pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas, Latihan memecahkan masalah yang menantang dan menuntut kreativitas. Proyek penelitian kreatif. Pemberian motivasi dan penghargaan,”tutur Ari Widodo.

Best practice riset dan kerangka inovasi riset dalam Seminar nasional sains dan Entrepreneurship VI “Transformasi Sains untuk Menyiapkan SDM Pengelola Sumber Daya Hayati (Mikrobiologi) secara Berkelanjutan di Era Revolusi Industri 4.0 Bervisi Entrepreneurship” yang diselenggarakan Program studi pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang, Rabu (21/8/2019) di gedung pusat lantai 7. Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Phil. Ari Widodo, M.Ed. dari UPI Bandung, Prof. Dr. Ir. Endang S. Rahayu, MS dari UGM, serta Dr. Fenny Roshayanti, M.Pd. dari UPGRIS. Acara dibuka Rektor UPGRIS Dr. Muhdi, S.H.,M.Hum. dihadiri Wakil Rektor dan Dekan FPMPATI.

Dr. Muhdi, S.H.,M.Hum. menyambut baik acara tahunan yang diselenggarakan program studi pendidikan Biologi sebab memberi banyak ilmu baru terhadap dunia pendidikan. “Biologi tidak hanya mengenal tumbuhan serta hewan saja akan tetapi banyak temuan dari ilmu biologi yang dapat dimanfaatkan masyarakat luas. Indonesia termasuk di dalam 12 negara mega biodiversity. Kekayaan hayati belum dimanfaatkan secara optimal,”imbuh Dr. Muhdi, S.H.,M.Hum.

#biologiupgris
#Kuliah
#pmbupgris
#semarang
#kampuskeren

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *