Mahasiswa Harus Kuasai Bahasa Inggris untuk Akademik

Mahasiswa Harus Kuasai Bahasa Inggris untuk Akademik

Zaman digital telah membuka kesempatan bagi siapa pun mengakses referensi ilmu pengetahuan dari mana saja. Mahasiswa dengan begitu harus siap menerima berbagai bacaan dan materi kuliah dari berbagai sumber, salah satunya buku dan jurnal berbahasa Inggris.

Dengan begitu, penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris, mutlak dikuasai oleh mahasiswa dari jurusan apa pun. Tujuannya tentu agar dengan menguasai bacaan dari bahasa asing mahasiswa jadi tak terlambat merespons perubahan dunia yang berlangsung sangat cepat.

Menyadari hal tersebut, UPT Layanan Bahasa UPGRIS meresponsnya melalui program Placement Test of English for Academic Purpose yang diselenggarakan di Gedung Pusat lantai 7, pada 25 – 27 November 2019.

“Kebutuhan membaca buku teks dan referensi perkuliahan yang terbit dalam bahasa Inggris tidak menjadi kebutuhan mahasiswa Bahasa Inggris belaka. Semua mahasiswa, dari jurusan apa pun, sekarang perlu menguasai bahasa Inggris agar bisa membaca dan memahami bacaan-bacaan dan buku teks penunjang perkuliahan yang tersaji dalam bahasa Inggris,” ungkap Kepala UPT Layanan Bahasa, Dr.Dyah Nugrahani, M.Hum.

Hal ini tentu berkait erat dengan terbukanya informasi yang tersebar di internet. Selain itu, Dyah juga menyebutkan bahwa test sejenis ini sangat penting karena memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang jenis-jenis teks (genre) yang biasa dipakai dalam teks-teks akademik secara umum, seperti teks narasi, deskripsi, dan eksposisi.

“Tak terkecuali, semua mahasiswa dari berbagai bidang studi harus mengikuti tes ini,” tambahnya. Selain itu, program ini juga kelak bakal dijadikan salah satu syarat bagi mahasiswa sebelum mengikuti ujian akhir.

Dyah menambahkan, untuk sementara program ini baru diterapkan secara serentak untuk mahasiswa angkatan periode akademik 2019-2020. Sedangkan untuk mahasiswa angkatan di atas itu dipersilakan untuk mendaftar masing-masing ke UPT Layanan Bahasa di kompleks ruko Balairung pada jam kerja. Untuk pendaftaran bisa menghubungi Sdr.Anjar (085741085305) & Sdri.Nopita (082229253352).[]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *