KKN UPGRIS GELAR SENAM PAGI DAN KENALKAN PRODUK UMKM

KKN UPGRIS GELAR SENAM PAGI DAN KENALKAN PRODUK UMKM

Semarang, 21 Februari 2021 – KKN UPGRIS 2021 yang bertempat di RW XI Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang telah berhasil melewati satu bulan mereka dalam kegiatan “Kuliah Kerja Nyata” atau yang sering disebut KKN.

Kuliah Kerja Nyata atau KKN yang merupakan sebuah mata kuliah wajib, dan dilaksanakan rutin setiap tahun serta tercantum di kalender akademik setiap kampus masing-masing, termasuk Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). KKN sendiri bertujuan, untuk mengabdi kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia yang dilakukan oleh Mahasiswa.

Pada KKN Periode 2021 ini, salah satu lokasi yang menjadi tempat KKN UPGRIS adalah RW XI Kelurahan Pandean Lamper. Potensinya sangat baik, terutama bagi pelaku usaha. Namun, di masa pandemi ini. Para pelaku usaha terutama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), agak sedikit kesulitan dalam bersaing di masa pandemi covid-19 . Hal inilah, yang menjadi sasaran Mahasiswa KKN UPGRIS 2021 mengabdi untuk membantu para pelaku usaha agar tetap bertahan di masa pandemi covid-19 ini.

Terpantau hari Sabtu (20/2/2021) di depan Balai RW XI, Mahasiswa KKN UPGRIS 2021 berhasil mengadakan kegiatan Senam Pagi dan Pengenalan UMKM Warga RW XI Kelurahan Pandean Lamper. Seperti, jamu, tahu bakso, makaroni kering, dll. Acara dimulai dari pukul 06.30 WIB hingga usai. Pesertanya pun berasal dari bermacam usia, mulai dari anak-anak hingga lansia.

“Senam Pagi dan Pengenalan UMKM ini memang sudah kami agendakan sejak awal dan sangat bersyukur sekali, karena mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Hal ini tentu saja menambah semangat kami dalam proses pelaksanaan kegiatan, serta tujuan dari kami di awal memang dari, oleh, dan untuk warga,” ucap Revaldi Ketua KKN UPGRIS.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Ketua RW, Ketua RT, Ketua Posyandu, dan segenap tokoh masyarakat di RW XI Kelurahan Pandean Lamper. Acara berlangsung meriah, lantaran seusai senam pagi dilanjutkan dengan pengenalan stand UMKM warga setempat.

“Adanya kegiatan senam pagi membangkitkan motivasi dam gairah kepada warga, karena telah lama kegiatan senam pagi ini vakum. Apalagi ada pemandu senamnya, yang menambah semangat dari peserta senam. Dari segi kesehatan juga menambah imun tubuh kita, yang memang selama masa pandemi covid-19 ini harus benar-benar dijaga kebugaran tubuhnya,” ucap Mustaqim Ketua RW XI Kelurahan Pandean Lamper.

Kemudian, antusias dari warga sendiri sangat tinggi. Hal yang sangat jarang sekali dirasakan selama masa pandemi, hingga adaptasi.

“Pengenalan UMKM juga sangat bagus, sekaligus mampu menjadi pembelajaran bagi warga bilamana ada event lain di luar sana untuk lebih berkembang. Ada tahu bakso, ada jamu, macam-macam lah. Kami berterima kasih, kepada Mahasiswa KKN UPGRIS atas kegiatannya,” tambahnya.

Tentunya, pada kegiatan kali ini tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini guna mencegah jumlah penyebaran kasus covid-19 di Indonesia. Harapannya, setelah adanya kegiatan senam pagi dan pengenalan UMKM. Kehidupan warga di Kelurahan Pandean Lamper jauh lebih sehat dan ekonominya jauh lebih makmur.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *