Hasil  Senatik V Terpublikasi pada International of Procedding yang terindeks Scopus dan Web of Science

Hasil  Senatik V Terpublikasi pada International of Procedding yang terindeks Scopus dan Web of Science

Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika V (Senatik V) tahun 2020 dengan tema: “Freedom of Learning: Integration Technology in Mathematics Learning” yang diselenggarakan secara online melalui platform Zoom pada hari Rabu dan Kamis, 12 – 13 Agustus 2020 di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Hadir sekaligus membuka acara oleh Rektor Universitas PGRI Semarang Dr. Muhdi, S.H., M.Hum.

Dalam sambutanya Rektor UPGRIS menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Matematika yang terus memberikan keilmuan walaupun di tengah pandemi. “Upaya ini wujud bahwa civitas akademika UPGRIS tetap produktif. Semua program studi di lingkungan UPGRIS di tengah pandemi covid-19 tetap melaksanakan webinar dengan baik. Terus memberikan pelayan dengan maksimal. Semoga setelah mengikuti Senatik V peserta dapat belajar banyak tentang Ilmu Matematika melalui teknologi terkini,” imbuh Dr Muhdi SH MHum.

Selain itu, Senatik V menghadirkan tiga pembicara di bidang pendidikan matematika dan matematika yaitu: Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M. Si. (pakar Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya), Dr. Irwan Endrayanto Aluicius, S. Si., M. Sc. (Pakar Matematika Terapan, Universitas Gajah Mada)  dan Dr. Achmad Buchori, M. Pd. (Pakar Teknologi Pendidikan, Universitas PGRI Semarang).

Senatik V tahun 2020 yang diketuai oleh Noviana Dini Rahmawati, M. Pd. diikuti oleh 338 peserta yang terdiri dari 200 peserta pemakalah (IOP maupun ISBN) dan 138 peserta non-pemakalah. Para peserta kegiatan berasal dari berbagai universitas negeri dan swasta yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, serta diikuti oleh pemakalah yang berasal dari MIT ADT University, India dan Guangxi Normal University, China.

“Sebagai pioneer dalam penyelenggaraan Senatik secara online, Senatik V tahun 2020 ini begitu spesial selain karena penyelenggaran di tengah pandemik yang harus dilaksanakan secara online serta paper yang terpilih akan terpublikasi dalam International of Procedding (IOP) yang terindeks Scopus dan Web of Science. Namun, di luar kondisi pandemic saat ini, animo para peserta ternyata begitu tinggi dari yang telah ditargetkan panitia. Peserta tetap berpartisipasi aktif dalam melakukan publikasi ilmiah seiring dengan kewajiban akademisi serta peneliti untuk menyebarkan hasil penelitiannya,”imbuh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika UPGRIS Dr Lilik Ariyanto MPd.

Acara ini diselenggarakan selama dua hari, dengan acara seminar pada hari pertama dan diikuti oleh penyelenggaraan workshop pendampingan bagi pemakalah yang akan mempublikasikan papernya di IOP conference series pada hari kedua. Acara ini juga melibatkan, para reviewer yang ahli di bidangnya baik dari Indonesia maupun Luar Negeri. Keberhasilan dan kelancaran penyelenggaraan Senatik V ini tidak terlepas dari anugerah Allah SWT yang senantiasa memberikan kelancaran dalam setiap persiapan hingga pelaksanaan bagi tim pelaksana serta stake holder di lingkungan Universitas PGRI Semarang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *