Fun Bike UPGRIS Tempuh 17 Kilo

Fun Bike UPGRIS Tempuh 17 Kilo

Fun bike jelajah wisata digelar Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) dalam rangka memeriahkan Dies Natalis UPGRIS ke-38. Kegiatan bersepeda yang menempuh jarak sekitar 17 kilometer ini diikuti 500 peserta dari UGPRIS, serta komunitas sepeda Semarang dan sekitarnya. Penyelengaraannya UPGRIS berkolaborasi dengan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Jateng.

Terasa spesial, karena Rektor UPGRIS, Dr Muhdi MHum, serta Kepala Dinpora Jateng, Sinoeng Nugroho Rachmadi, ikut serta mengayuh sepeda berkeliling di Kota Lunpia. Muhdi menegaskan, kegiatan ini dikemas dalam bentuk sportourism, selain bersepeda peserta diajak berkunjung ke sejumlah kawasan dan lokasi wisata, yakni Kota Lama, Lawangsewu, serta Sam Poo Kong. Hal ini bentuk dorongan UPGRIS dalam upaya mempromosikan dan mengembangkan pariwisata.

“Fun bike ini tak sekadar bersepeda, kami memilih rute menuju ke destinasi wisata. Sekaligus juga mengedukasi masyarakat melalui papan imbauan tentang ajakan menjaga lingkungan dan kebersihan kawasan wisata,” jelas Rektor UPGRIS Dr Muhdi MHum disela-sela fun bike di depan gedung utama kampus UPGRIS, Minggu (30/6).

Guna menggugah semangat masyarakat ikut fun bike, disediakan hadiah seperti halnya motor, sepeda, dan televisi.

Di sisi lain, Sinoeng mengapresiasi Dies Natalis UPGRIS yang dikemas secara sportourism. “Bukan hanya bersepeda, kedapan juga akan ada upaya pengembangan desa wisata yang dilakukan Dinporapar bersama UPGRIS, melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN). Akan ada upaya menciptakan embrio pengembangan desa wisata, yang imbasnya nantinya bisa menumbuhkan perekonomian rakyat,” ujarnya.

Institusinya juga mulai menggalakkan wisata halal, bukan hanya kulinernya, melainkan menyediakan fasilitas toilet dan wudhu.

Menurut dia, toilet menjadi bagian penting dalam pengembangan kawasan wisata, termasuk tempat wudhu supaya umat Muslim bisa mudah saat hendak menunaikan ibadah salat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *