BEM FPIPSKR UPGRIS Undang Pakar Sejarah Anhar Gonggong

BEM FPIPSKR UPGRIS Undang Pakar Sejarah Anhar Gonggong

Kepahlawanan adalah kehendak melakukan perubahan. Pahlawan lahir karena bukan sekadar cerdas, tapi juga berhati nurani. Yang namanya pahlawan adalah orang bersedia melampaui dirinya, sanggup mengorbankan diri. Ini disampaikan oleh Prof. Dr. Anahr Gonggong dalam acara Seminar Kepahlawanan badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang (6 November 2017).

“Contohnya adalah Hatta dan Soekarno. Mereka ‘kan sarjana, kalau mereka mau kerja untuk belanda, beres sudah. Tapi mereka lebih memilih jalan “menyimpang”, mereka berjuang untuk kemerdekaan sehingga kemerdekaan Indonesia bisa diraih,” ungkap sejarawan yang meneliti tokoh Kahar Mudzakar ini. Anhar juga memuji degngan penamaan acara ini, “Pekan kepahlawanan, menurut saya menarik karena baru di UPGRIS yang pakai.”

Di saat bersamaan, Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd, Ketua Pendidikan dan Kebudayaan Majelis Luhur Taman Siswa Yogyakarta, menjelaskan bahwa cara menanamkan rasa nasionalisme salah satunya adalah dengan cara memberi teladan, contoh yang baik kepada anak-anak, siswa, dan mahasiswa. “Nasionalisme akan terbentuk dari upaya peneladanan. Banyaknya tokoh politik yang terkena kasus korupsi, bisa menggangu terbentuknya nasionalisme. Karena anak-anak disuguhi contoh yang tidak baik, tidak ada peneladanan.”

Rektor Universitas PGRI Semarang, secara khusus menganggap acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa ini sangat tepat untuk menyambut Hari Pahlawan 10 November. “Pilihan pembicara yang dipilih sangat tepat, karena kedua pembicara adalah pakar di bidangnya”. Sedangkan dalam pembukaannya, Dr. Titik Haryati, M.Si., menganggap bahwa upaya untuk selalu menghormati jasa pahlwan harus selalu dijunjung tinggi, terutama mahasiswa. “Bangsa yang besar harus selalu menghormati jasa pahlawan. Meneladani sikap para pahlawan,” ungkap Titik.[]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *