PROFIL PROGRAM STUDI ARSITEKTUR

Deskripsi:

Pendidikan arsitektur merupakan disiplin ilmu terapan yang berorientasi pada perencanaan dan perancangan bangunan (baik gedung maupun non gedung). Pendidikan ini akan meliputi ilmu teknik terapan dan seniterapan yang terkait dengan kemampuan dalam rekayasa lingkungan binaan secara umum dan bangunan secara khusus. Pendidikan yang diberikan akan meliputi teori arsitektur dan desain,manusia dan lingkungan, perancangan kota, teknologi dan sains bangunan,  sistem struktur, serta lansekap/taman, tapak, manajemen konstruksi hingga lingkup mikro seperti interior, perabot, dan produk. Sarjana arsitektur juga akan dibekali dengan dengan ilmu dalam teknik komunikasi, presentasi, CAD dan fotografi arsitektur sehingga setiap lulusan dapat menyampaikan ide rancangannya secara jelas dan meyakinkan.

Untuk kuliah di Arsitektursiswa sering terjebak pada paradigma lama bahwa “Arsitek harus PANDAI menggambar”, tapi kenyataannya adalah “Arsitek harus SUKA menggambar”. Huruf kapital menegaskan pentingnya perasaan suka dan tertarik pada pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan mahasiswa Arsitektur dengan segala citranya. Nah, untuk para calon mahasiswa yang takut masuk Arsitektur karena tidak bisa gambar, jangan pernah takut, karena niat, tekad dan kemauan akan membuat hal yang tidak bisa menjadi bisa. Kemampuan menggambar merupakan suatu ketrampilan yang akan diajarkan mulai dari tahapan paling dasar sampai pada tahap aplikasi menggunakan komputer desain paling canggih dan lengkap.

Visi:

Menjadi pusat pendidikan dan pengembangan arsitekturberbasis digitalisasi desain, yang berjatidiri, terampil dan berjiwa wirausaha dengan keunggulan dalam pengembangan arsitektur hijau.

Misi:

  1. Menghasilkan calon arsitek profesional yang memiliki standar kompetensi internasional melalui pendidikan lanjut sertifikasi keahlian profesi atau studi lanjut pasca sarjana.
  2. Menghasilkan sarjana arsitektur yang berjatidiri dan berwawasan hijau.
  3. Pemanfaatan teknologi digital dalam proses desain dan permodelan arsitektur.
  4. Mengajarkan dan menumbuhkan jiwa dan budaya wirausaha.

Tujuan:

Menghasilkan lulusan sarjana arsitektur yang memiliki pengetahuan dan kompetensi dasar, agar dapat berpraktek di berbagai sektor terkait dengan ilmu terapan seni dan teknik bangunan, serta mampu mengembangkan diri menjadi arsitek profesional.

 

Profil Lulusan

  1. Menghasilkan calonarsitek profesional yang memiliki standar kompetensi internasional.
  2. Menghasilkan arsitek yang berwawasan hijau, sehingga mampu menghasilkan karya yang hemat energi, optimal terhadap sumber daya alam dan potensi lokal.
  3. Mampu menggunakan teknologi digital dalam proses desain dan permodelannya, sehingga lebih akurat,cepat dan mudah dipahami.
  4. Mampu mengkomunikasikan desainnya secara efektif, sehingga mudah dipahami dan diterima masyarakat pengguna jasa arsitek.
  5. Memiliki tanggungjawab dan etika profesi arsitek yang tinggi.
  6. Memiliki kemampuan untuk menerapkan pengetahuan struktur, fisika bangunan, teknologi bahan,serta selalu mampu mengikuti perkembangan teknologi terkini.
  7. Peka terhadap isu kontemporer dalam desain bangunan dan lingkungan.
  8. Mampu menciptakan dan memanfaatkan peluang pasar yang sangat luas di dunia arsitektur sebagai arsitek, pemborong (kontraktor), pengawas konstruksi, desain interior, desain taman, desain artistik, advertising dan PNS.

Sarana dan Prasarana:

  1. Gedung Kampus II PGRI di Jl. Sriwijaya No. 31-33 yang terletak di pusat kota dan sangat mudah diakses dengan angkutan umum.
  2. Fasilitas ruang belajar yang dilengkapi dengan Perangkat Multimedia, AC, dan jaringan Wi-Fi.
  3. Perpustakaan.
  4. Laboratorium Perancangan Arsitektur.
  5. LaboratoriumPerancangan Arsitektur Hijau.
  6. Laboratorium CAD dan Digital Design.
  7. Studio Arsitektur dan Arsitektur Hijau.
  8. Studio Perancangan Kota “Hijau”
  9. Ruang Seminar dan Pelatihan dengan perlengkapan pendukung yang lengkap.