95 Guru Ikuti PPG dalam Jabatan

95 Guru Ikuti PPG dalam Jabatan

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) diharapkan tidak hanya meningkatkan kompetensi, namun juga kesejahteraan guru. Hal ini seiring dengan tunjangan profesi yang mereka terima, jika lulus dalam program tersebut.

“Harus diakui masih banyak guru, khususnya dari sekolah swasta yang tingkat penghasilannya masih relatif rendah. Terutama untuk guru PAUD, TK dan SD. Melalui PPG ini diharapkan, tidak saja kompetensi mereka naik, namun juga kesejahteraan. Seiring dengan diterimanya tunjangan profesi, jika mereka dinyatakan lulus,” papar Rekto UPGRIS Dr Muhdi SH MHum, disela Orientasi Akademik dan Penandatangan Kontrak Mahasiswa PPG Dalam Jabatan III, di kampus I Sidodadi, Rabu (31/7).

Meski demikian, tunjangan profesi tersebut bisa diterima, jika guru tersebut sudah memenuhi syarat. Selain lulus dalam PPG, mereka juga harus guru tetap baik di sekolah swasta atau negeri, mengajar minimal 24 jam seminggu serta jumlah murid cukup.

“Tunjangan akan diterima setahun atau pada tahun tahun berikutnya, setelah menyelesaikan program PPG dan memenuhi syarat. Misalnya selesai pada bulan Oktober ini, maka nanti pada Januari 2020, mereka bisa mulai menerima,” terangnya.

Sejauh ini, secara nasional masih ada sekitar 500 ribu guru sekolah negeri dan 300 ribu guru swasta dalam jabatan, yang belum mengikuti PPG. Belum lagi tambahan sekitar 100 ribu guru baru, setelah pemerintah mencabut moratorium guru. “Ini harus segera dipikirkan dan dicarikan solusi agar bisa cepat terselesaikan,” tandas Muhdi.

Sementara, Direktur Pascasarjana UPGRIS Dr Ngasbun Egar menjelaskan, PPG Guru Dalam Jabatan Tahap III tersebut diikuti sebanyak 95 orang. Mereka terdiri dari 67 orang guru SD dan 28 guru TK.

“Peserta berasal dari sejumlah wilayah di Jateng, diantaranya Blora, Jepara, Kabupaten Magelang, Pati, Kkudus, Pemalang dan Kabupaten semarang. Mereka sebelumnya sudah mengikuti tahapan daring. Untuk selanjutnya diisi dengan workshop 1-22 Agustus, pembekalan PPL 26 Agustus -14 September, hingga uji kompetensi guru (UKG). Program akan berakhir pada 30 September mendatang,”pungkasnya. Rix

MENJELASKAN – Pembicara saat menjelaskan materi dalam Orientasi Akademik dan Penandatangan Kontrak Mahasiswa PPG Dalam Jabatan III, di kampus I Sidodadi, Rabu (31/7).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *