FPMIPATI UPGRIS KAMPAYEKAN PEDULI MANGROVE

FPMIPATI UPGRIS KAMPAYEKAN PEDULI MANGROVE

FPMIPATI UPGRIS KAMPAYEKAN PEDULI MANGROVE

 Salah satu rangkaian acara MAFIBOTI (Matematika, Fisika, Biologi, dan Teknologi Informasi) spectacular yang diselenggarakan oleh Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi (FPMIPATI) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) aksi peduli dan edukasi mangrove.

Melalui penanaman mangrove sebanyak 2235 bibit di pantai Mangunharjo, Tugu, Semarang. Kegiatan yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Biologi ini bertujuan mengedukasi mahasiswa dan siswa untuk menjaga kawasan sekitar mangrove.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal (2/10) melibatkan mahasiswa Biologi, delegasi dari BEM, Hima, dan dosen FPMIPATI UPGRIS. Para siswa SMAN 8 Semarang untuk bersama-sama dengan petani mangrove menjaga kelestarian lingkungan.

Wakil Dekan II FPMIPATI UPGRIS, Nur Khoiri SPd MT MPd memaparkan bahwa daerah pesisir pantai dengan segala kompleksitas fenomena yang terjadi di dalamnya menggugah perhatian civitas akademika FPMIPATI UPGRIS untuk berkontribusi menyelamatkannya secara langsung melibatkan mahasiswa dengan semangat kepeduliannya pada alam,”imbuh  Khoiri.

Sebelum penanaman mangrove, peserta kegiatan mendapatkan materi edukasi seputar mangrove berupa sejarah daerah pesisir pantai, jenis-jenis mangrove, dampak abrasi dan manfaat-manfaat pengolahan mangrove. Kegiatan penanaman ini diselingi juga dengan lomba swafoto dari peserta dengan maksud untuk mengajak warganet untuk lebih mencintai lingkungan melalui media sosial.

Sururi ketua kelompok tani mangrove menyampaikan, betapa pentingnya kawasan hutan mangrove untuk mengurangi dampak abrasi di pantai. ”Kami sangat mengapresiasi kepedulian dari UPGRIS sebagai lembaga pendidikan yang mau turun langsung ke lapangan. Kami berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan oleh mahasiswa FPMIPATI UPGRIS”, lanjut Sururi.

Selain menanam mangrove di Mangunharjo Tugu Kota Semarang. juga membagikan 1000 bibit tanaman mangga ke sekolah-sekolah di Kota Semarang. Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *