Sekadar Mengingatkan, Inilah Sebelas Trik Mulus Hadapi UAS

Sekadar Mengingatkan, Inilah Sebelas Trik Mulus Hadapi UAS

Mulai pekan depan mahasiswa Universitas PGRI Semarang akan menghadapi ujian akhir semester (UAS). Ada yang menganggap inilah masa-masa yang ditunggu setelah empat bulan aktif kuliah. Tetapi ada pula yang menganggapnya sebagai hantu yang menakutkan. Seolah-olah jika gagal dalam UAS maka masa kuliah pun jadi berantakan. Tetapi ada pula yang menganggap UAS biasa-biasa saja. Apa pun itu, mau tak mau, suka tak suka, UAS harus dilalui. Untuk itu, berikut ada beberapa saran buat kamu-kamu mahasiswa UPGRIS yang ingin mulus dalam menghadapi Uas. Simak, yuk!



PERTAMA, pastikan dulu kamu sudah menyelesaikan tanggungan administrasi dan keuangan. Biasanya, detik-detik akhir menjelang UAS banyak mahasiswa justru baru mengurus pembayaran dan administrasi. Nah, alangkah baiknya, seminggu sebelum UAS kamu harus sudah beres segala urusan administrasi. Jadi kamu tak harus mengantri berjam-jam di loket BAAK. Kecuali kalau kamu memang punya hobi ngadem di tempat ber-AC sambil nyantai di kursi tunggu di lobbi Gedung Pusat, lama-lama mengantri di depan kantor BAAK tentu bukan masalah buat kamu.

KEDUA, siapkan kartu ujian. Kartu ini mahapenting karena termasuk syarat mutlak mengikuti ujian. Taruh kartu tersebut di tas dengan rapi dan aman. Kalau perlu bungkus dengan plastik, secara bulan ini sedang musim hujan. Kalau tiba-tiba kamu kehujanan dan kartumu basah atau sobek, itu bisa bikin kamu nangis. Juga membuyarkan konsentrasimu saat ujian. Seminggu belajar niscaya tak akan ada artinya jika mendadak konsentrasimu buyar.

KETIGA, berhubung hari pertama UAS jatuh pada tanggal 2 Januari, sebaiknya tak usah merayakan malam tahun baru di tempat yang aneh-aneh atau berbahaya. Tak perlu jauh-jauh ke puncak gunung atau berkemah di pinggir pantai untuk sekadar melihat matahari pertama tahun 2019. Apalagi sekarang Indonesia lagi sering kena musibah. Percayalah, matahari akan tetap sama dilihat dari mana pun. Tergantung bagaimana kamu memaknainya. Gunakan libur tahun barumu untuk banyak istirahat di kos. Bayangkan kamu bangun pagi di hari pertama tahun 2019, seduh kopi atau teh lalu baca buku sembari nyetel Mp3 Nella Kharisma bagi yang suka musik hokya hokye atau Banda Neira bagi kamu yang suka melow. Pikiran tenang siap hadapi UAS.

KEEMPAT, kurangi begadang. Jika semasa hari-hari kuliah kamu terbiasa melek sampai pagi karena jadwal kuliah kebetulan selalu siang, untuk sementara kurangilah begadang. Mengantuk jelas sekali akan mengganggu konsentrasi belajarmu. Tidur terlalu larut bisa bikin kamu kesiangan. Dan ingat, tak setiap pengawas ujian berhati baik. Beruntung jika kamu bertemu pengawas yang berbudi baik. Akan selalu ada pengawas yang tega melarangmu masuk ke ruang ujian ketika kamu datang terlambat, meski kau menangis dan mengiba-iba sekalipun. Untuk itu, tidurlah lebih awal dan jangan lupa setel alarm.

KELIMA, membaca sepintas materi kuliahmu. Kenapa sepintas? Karena seharusnya waktu yang tepat untuk belajar adalah jauh hari sebelum UAS. Artinya, jika kamu terbiasa belajar tiap hari, maka UAS adalah saatnya me-refresh apa yang selama ini kamu pelajari. Belajar semalam suntuk hanya bikin kamu tertekan dan malah materi yang kamu pelajari akan mudah lupa. Tetapi toh jika kamu terpaksa harus belajar semalaman, sebaiknya setel hapemu dengan suara mode on. Kirimlah WA ke pacarmu agar dibangunkan pagi-pagi lewat missed call. Atau jika kamu jomblo, mintalah ibu kos atau temanmu untuk membangunkanmu pagi-pagi. Insyaallah langkah ini kan membantu.

KEENAM, mintalah doa kepada orangtua. Ingatlah, doa orangtua selalu punya faedah dan manjur. Namun jika kebetulan orangtuamu sudah tiada, doakanlah beliau dalam ibadahmu. Mendoakan orangtua akan bikin hatimu tenang sehingga saat mengerjakan UAS bisa lebih fokus.

KETUJUH, jaga pola makan. Anak kos adalah pelahap utama sambel penyet dan makanan pedas lainnya, seperti siomay, mi bithing, mi dogdog, seblak, cilok, dsb. Sementara waktu, utamakanlah makan makanan tak terlalu pedas. Jangan sampai kamu sakit hanya karena salah mengonsumsi makanan. Mencret di saat hari-hari ujian bisa berakibat fatal.

KEDELAPAN, isi kuota internet dan pastikan baterai hapemu terpantau aman. Sesekalilah jangan melulu nebeng tethering atau ngandalin free wifi. Ini untuk mengantisipasi jika ada perubahan jadwal ujian secara mendadak. Biasanya itu akan diumumkan di grup WA kelas. Jangan sampai kamu tak tahu info terbaru gara-gara kuota habis. Atau jika kendaraan kamu mendadak mogok atau ban kempes, kamu bisa cepat-cepat pesan ojek online biar tak terlambat. Intinya, hidupmu akan repot jika tak punya kuota.

KESEMBILAN, bagi yang kos, pastikan kamu sudah bayar uang kos atau kontrakan. Kamu bakal tertekan jika ibukos selalu pasang wajah cemberut setiap bertemu denganmu. Belajar tak tenang, mau apa-apa jadi tak nyaman. Atau jangan sampai konsentrasi belajarmu terganggu hanya karena ibukos terus-terusan nagih. “Mood” kamu pun bakal terganggu. Bayarlah kos sebelum wajah ibukos berubah cemberut.

KESEPULUH, kurangi waktu pacaran untuk sementara. Apalagi jika pacar kamu sesama mahasiswa dan kebetulan sama-sama tengah menghadapi UAS. Berilah pacarmu waktu khusus untuk belajar. Mungkin kamu berpikir dengan belajar bersama pacar bisa bikin materi cepat masuk. Tetapi, mimin kira itu 1 banding 10. Yang namanya pacaran, apalagi berduaan, justru bakal belajar kamu jadi tak konsentrasi. Apalagi pacarmu doyan ngegombal. Tahan rindumu dua minggu saja, toh selepas itu kamu bisa liburan bareng.

KESEBELAS, kamu tambahin sendiri ya…

Nah, itu saran dari mimin buat kamu semua. Semoga kamu-kamu semua lancar dalam mengerjakan UAS ya. Selamat tahun baru dan jangan lupa bahagia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *